Tarbiyah, Halaqah dan Liqo

ini yang aku suka ketika menjejakkan kaki di perusahaan ini, selain urusan dunia, kantorku adalah tempat menuntut ilmu agama yg diberinama SKI.

Dari pas waktu kita dikdas dulu udah diberitahu oleh senior atau mentor kita agar nantinya satu angkatan ini tetep rutin melaksanakan silaturahmi, pertemuan untuk kaderisasi dan tarbiyah atau kami biasa  menyebutnya halaqah (yang berarti lingkaran) atau liqo’ (pertemuan). Sekelompok kader/anggota kami yang dijakarta berjumlah 10 orang berkumpul di hadapan seorang pemandu atau mentor. Dalam seminggu kita melaksanakan liqo satu kali, yaitu hari Senin sehabis sholat Ashar di mushola kantor lantai 23.Biasanya pemandu/mentor memulai liqo’ dengan bacaan Al-Quran, bergantian setiap anak membaca beberapa ayat,disusul dengan tausiyah dan pemberian materi pembinaan. Kadang-kadang, dalam liqo’ ini, diberikan tugas-tugas oleh pemandu, yang bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas kadernya. kadang-kadang mentor juga memberi tausyiah-tausiyah sederhana yang menyejukkan jiwa. Ibarat setelah seharian kita dipanaskan dengen bekerja untuk urusan dunia, tiba-tiba diberi kesejukan jiwa yang mentriger iman yang kadang melemah di tengah Ibukota yang panas ini.

Dengan metode ini kita jadi merasa persaudaraan kita selama suka-duka dikdas tetap terbina, ditengah kesibukan masing-masing yang tersebar di berbagai tempat dan devisi, bisa berkumpul untuk sekedar tausiyah singkat dan menemui saudaranya. untuk berbagi cerita tentang bagaimana kerjaan yang dikerjakannya atau sekedar bercanda seperti saat 35 hari dulu dikarantin.

Yah, itulah manfaat dari liqo atau halaqah kita, walaupun dari keterbatasan ilmu yang kita peroleh karena singkatnya waktu, atau kemampuan mentor, tapi yang ingin saya titik beratkan adalah  lebih kepada membentuk wawasan dan kepribadian yang Islami.

Kalo untuk kajian-kajian yang sedikit “lama” dan “berat” bisa ikut kajian habis dzuhur dari udztad-udztad yg diundang dari luar biasanya tiap minggunya dua kali di mushola lantai 23 juga.

4 Replies to “Tarbiyah, Halaqah dan Liqo”

  1. Assalmu’alaikumWrWb.
    Aku mau tanya dong!!
    kalo mo tahu tempat2 LIQO tuk ikhwan dan akhwat daerah Tanah Abang&Priuk tu dimana Ya???!!!coz temen aku ada yang mau&blum LIQO.

  2. Assm, wr.wb
    klo mau ikutan liqo’/ngaji didaerah sangiang tangerang dimana ya n biasanya ynag dibahas apa aja ya, trims
    wassalam wr.wb

  3. Assalamualaikum…bisa minta tlng kalau ada info liqo di daereh balaraja tangerang…syukran sblmya…wassalamualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *