Membuat Pasport di Imigrasi Semarang

Ini pertama kali aku keluar negeri. Aku buat pasport di Semarang, memakai KTP purworejo tentunya karena waktu itu belum ngurus pindah KK. Cari informasi kesana kemari tentang bagaimana mengurus passport dan apa syaratnya. Baca di web resmi imigrasi, bisa apply via online dengan mengisi form online dan melampirkan scan2 dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, KK, Akte kelahiran (akte bisa diganti dengan ijasah terakhir), dan surat nikah apabila sudah menikah. Setelah semua dokumen diupload dan disubmit, kita akan akan menerima semacam tanda terima online yang harus diprint untuk nanti dibawa ke kantor imigrasi.

Aku datang ke imigrasi pagi-pagi sekitar jam 8, di daerah Jl Siliwangi. Disana sudah ada beberapa orang menunggu walaupun pelayanan baru mulai buka. Yang perlu disiapkan adalah:

1.Beli map dan formulir permohonan passpor serta materai di koperasi kantor imigrasi (total 16rb-an lah)
2.Melampirkan berkas asli dan foto kopi identitas diri, antara lain ;
– Kartu Tanda Penduduk (KTP);
– Akte Kelahiran (KK) atau Ijazah terakhir atau keduanya biar aman.
– Surat Kawin/Akte Nikah bagi yang telah menikah.
NB: disini aku yg sebelumnya telah melakukan permohonan passport secara online ternyata ngga jauh beda sama yg langsung.

Setalah dokumen semua disubmit ke loket pertama, kita harus menunggu antrian untuk pembayaran di loket satunya lagi, biayanya sekitar Rp 248rb-an.
Kita akan menerima kwitansi pulang, 2 hari lagi kita akan foto, rekam sidik jari dan interview.

Namun karena ada teman istriku yg kerja di imigrasi, aku diperbolehkan langsung foto walaupun tetep ikut ngantri sampai sore.

Lima hari kerja berikutnya passport sudah bisa diambil di loket pengambilan passport (dilayani setelah jam makan siang)

4 Replies to “Membuat Pasport di Imigrasi Semarang”

  1. I have a pasport issued by Jakarta Imigration, if my pasport get expired, could I extend it in Semarang, cause Now I worked in Semarang also I don’t have time to proceed in Jakarta again. Please inform me about this case. thank you for nice reply.
    Best Regards,
    Sidik Heryanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *