Membuat Visa Poland / Schengen Area

Untuk mendapatkan visa Poland memang agak susah, karena visa Poland merupakan jenis visa Schengen dimana dengan 1 visa kita bisa bebas keluar masuk ke seluruh negara Eropa. Selain itu minimnya informasi yang beredar di internet serta kesimpang siurannya karena entah itu dihembuskan oleh calo2, atau memang pengurusan oleh biro perjalanan yg sedikit bisa berbeda.
Valid & useful information tentu dapat diperolah dari situs resminya kedutaan poland di Jakarta http://www.jakarta.polemb.net , aku juga menghubungi salah satu no telepon disitu untuk make sure apakah syarat dan ketentuan di web itu masih berlaku/uptodate mengingat tanggal posting yg sudah begitu lama. Namun berdasarkan informasi via staff kedutaan yg aku telpon semua informasi masih valid.

  1. Download form aplikasi pengajuan visa disini.
  2. Pass foto khusus visa ukuran 3,5×4,5cm berbaground putih dengan 80% wajah (bilang aja ke tukang fotonya kebanyakan mereka tau).
  3. Passport (original + copy) valid at least 3 month longer than the date of leaving Poland.
  4. Copy rekening bank, tergantung berapa hari kita akan berkunjung di poland, minimal saldo (30€/hari),jadi kalau misal 10 hari ya saldo minimal 300€, atau 3,6jt-an, dilebihin dikitlah biar aman.
  5. Copy confirmed tiket pulang-pergi (karena ini nanti sebagai dasar mereka nerbitin kapan visa berlaku dan berakhir), oiya nyari tiket pesawat termurah bisa lewat www.skyscanner.co.id.
  6. Copy booking hotel 9booking aja lewat booking.com, yg free cancelation pake kartu kredit, nanti kalo udah visanya approved, bisa dicancel dan nyari lagi yg lebih murah.
  7. Apabila poin 6 tidak ada sebagai gantinya adalah letter of invitation from the Polish host, registered by the Polish regional authority (official invitation)/ harus punya kenalan disana buat ngurusin surat ini.
  8. Travel insurance valid for the period of stay in Poland/Schengen area, coverage at least 30,000€ / biaya pertanggungan 50jt. Ini bisa pake produk travel savenya asuransi ACA, sebagai gambaran untuk premi segitu untuk 7 hari aku beli sekitar 300rb.
  9. Mentransfer biaya pembuatan visa ke rekening kedutaan poland sebesar Rp 722,000,- rekeningnya dapat dilihat di sini, lampirkan tanda bukti transfer.
  10. Dokumen-dokumen pendukung yang sekiranya perlu untuk penguatan argumen jika kita ditanya-tanya mau ngapain disana, misal berlibur ya sertakan agenda, tujuan, atau vocer liburan. Kalo aku training ya sertakan bukti pembayaran training, acara training dan tempat training.

Semua dokumen tersebut kita bawa sendiri karena kemungkinan akan diinterview langsung oleh konsulat  jika ada hal-hal yang ingin mereka klarifikasi, alamat kedutaan Poland di Kuningan Timur, kalau naik Busway turun aja di halte kuningan timur, atau nyebrang dari halte kuningan barat, dan jalan kaki sekitar 50m.
Datang pada waktu hari konsulat buka yaitu Selasa, Kamis dan Jum’at dan jangan terlalu pagi, karena urusan visa baru dilayani sekitar jam 9-an s/d jam 12 .
Pada waktu submit dokumen ke staffnya (orang indonesia), aku suruh nunggu karena ada yg harus diklarifikasi oleh konsulat. Setelah beberapa menit nunggu diruangan yg mirip meja direktur, muncul consulat orang poland, salam-salam, nanya jadwal dan keperluan ke poland mau ngapain, aku bilang mau training dan seminar. Kok ngga ada undangannya? katanya. Nggak itu cuma register, bayar dan datang aja, ngga ada undangan, jadwal training, materi training venue dan penyelenggara training semua aku print dari webnya, jadi sembari menjelaskan dia bisa sambil liat-liat datanya.
Akhirnya dia mencatat hal-hal yg detail aku sampaikan, aku bilang apakah udah cukup, acceptable? dia bilang let see, next 10 days I will call you.

Sepuluh hari menunggu belum ada telpon, akhirnya aku inisiatif menanyakan via telpon ke kedutaan, dan alhamdulillah visaku ternyata sudah jadi dari kemarinnya dan aku ngga ditelpon, walah!

6 Replies to “Membuat Visa Poland / Schengen Area”

  1. Terimakasih banget ya info nya…
    Untuk asuransinya kalau stay di Poland lebih dari 7 hari berarti nambah ya?

    Best,
    Imas

  2. thanks banget dah ngasih informasi yang sedikit ngurangin rasa gelisah.

    kemungkinan tahun depan aku akan berkunjung ke Polandia, Warsaw untuk bertemu my girlfriend. dan kami berencana untuk menikah disana.

    pertanyaanku :
    bagaimana prosedur untuk tinggal di Polandia?
    apabila saya memutuskan untuk tinggal di Polandia dalam jangka waktu panjang, apakah berpengaruh juga dalam urusan Visa?
    adakah perbedaan Tax atau pajak kepada oang asing ketika mereka tinggal dan bekerja di Polandia?

    besar harapan saya jika anda bisa membalas comment ini ke alamat email saya.

    regards
    Dimas

  3. Pertanyaan dan kondisi saya sama dengan mas dimas diatas. Saya berencana untuk berkunjung ke tempat pacar saya dan liburan di polandia. Tidak menutup kemungkinan akan berkuniung ketempat lain di eropa (visa schengen). Hanya saja, jika saya berencana pergi summer time tahun ini dan kemudian saya extend sampai winter time or christmas, bagaimana pengurusannya. Apakah bisa apply perpanjangan disana? Dan apakah memungkinkan buat saya beli open tiket (yang artinya, tiket kembali ke indo bisa ditukar, jika ada perubahan jadwal pulang. Mohon bantuan informasinya. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

    Salam.

  4. mohon infonya untuk nomor tlp konsulat atau kedutaan yang bisa saya hubungi, karena setelah saya telpon semuanya tidak ada respon, untuk make sure biaya visa bisnis.terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *